Selasa, 07 November 2023

sambutan RM.SINTUS EFI TERHADAP BIOGRAFI RM.DANIEL J.Afoan Pr

 SAMBUTAN

 

Rm. Daniel J. Afoan, Pr seorang pribadi yang berkarakter dan imam Gereja Katolik yang bersahaja. Ungkapan ini bukan sekadar memuji namun merupakan sebuah syair nyanyian hati yang merasakan betapa figur satu ini telah berdedikasi tinggi dalam pelayanan Gereja Katolik maupun social-kemasyarakatan, dan patut ditelandani dalam asa dan karsa.

  Seorang penulis modern, namanya Byron Pulsifer, pernah mengatakan "Sukses bukanlah faktor genetik atau warisan; kesuksesan adalah keadaan pikiran yang dikembangkan melalui pemahaman bahwa risiko, ketekunan, dedikasi, dan sikap 'tidak pernah berhenti' adalah elemen kunci dalam kombinasi yang mengarah pada pencapaian yang luar biasa." Pendapat ini begitu kuat mengalir dalam sanubari Romo Dan (sapaan harian) selama masa tugas pelayanannya di Paroki St. Stefanus Naikliu dan Kecamatan Amfoang Utara pada umumnya. Rm. Daniel sangat dikenal dengan baik oleh umat dan masyarakat oleh karena kesederhanaan dan terutama dedikasinya. Ia sungguh rela mengorbankan tenaga, pikiran, dan waktu untuk melayani umat gembalaannya siang dan malam, dari kampung ke kampung di wilayah Amfoang kala itu walau resiko besar selalu ada karena medan terjal, bebatuan, lumpur dan banjir. Itu semua tentu karena cinta Rm. Dan bagi umatnya.

Sebagai seorang anak kecil dan kemudian menjadi murid di SMP (angkatan ke-3) yang didirikan oleh Rm, Daniel, saya sungguh merasakan betapa cintanya bagi umat dan masyarakat Oepoli khususnya dan Amfoang pada umumnya. Hadirnya sekolah menengah pertama di Oepoli adalah salah satu bukti cinta dan tekad beraninya untuk masa depan anak-anak, walau harus diakui ada begitu banyak kekurangan dan keterbatasan kala itu, dalam hal bangunan fisik gedung dan fasilitas sekolah, serta tenaga guru yang sangat terbatas dalam penghidupan mereka. Saya turut mengetahui dan merasakan itu pada 3 tahun pertama sekolah itu. Namun luar biasa bangganya hari ini SMPK San Daniel Oepoli itu menjadi salah satu pilot project dunia pendidikan di wilayah Amfoang dan Kabupaten Kupang. Lebih berbangga lagi seraya bersyukur bahwa berkat sekolah itulah saya menjadi seorang imam Katolik, dan ratusan anak berhasil dalam dunia pendidikan lanjutan dan bahkan dalam dunia kerja di berbagai bidang.

 Oleh karena itu, kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Simon Anunu, S.Ag, .M.Pd atas inisiatif cemerlang dan karya nyata telah menghadirkan Buku Biografi ini. Ada banyak kisah kasih tentang Rm. Daniel J. Afoan, Pr terungkap dengan baik dalam buku ini. Cerita-cerita kecil dan bahasa yang sederhana ulasan penulis membuat kita dapat dengan mudah mengetahui dan turut merasakan betapa Rm. Daniel J. Afoan, Pr dan dedikasinya yang luar biasa membanggakan kita semua. Semoga buku ini menjadi sebuah inspirasi besar umat dan masyarakat Oepoli, secara khusus seluruh stakeholder SMPK San Daniel dan alumninya tentang bagaimana kita juga bisa mendedikasikan diri kita demi kemaslahatan banyak orang.

Sekian dan terima kasih. Salve!

 

Rm. Sintus Efi, Pr

(Alumni SMPK San Daniel Oepoli, angkatan ke-3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar