Senin, 13 April 2020

resume MATERI PROF.EKO

 RESUME  MATERI BELAJAR GELOMBANG 7 BERSAMA PROF.EKO

Semalam aku belajar menjadi penulis bersama narasumber yang sangat kompeten dalam bidang IT. Saya anggap ini orang ini luar biasa bukan biasa di luar. Sungguh saya kagumi. Kekaguman yang saya sanjung adalah keahliannya dalam bidang yang ia omongin. Ia tidak asal omong. Backgroundnya dilatarbelakangi oleh hasil belajar. Bukan hanya belajar, tapi dia buat dari hal yang kecil menjadi yang besar. Ada ungkapan klasik: “Kecil teranja-anja besar terbawa-bawa” Bayangkan dari kecil su bisa menulis bersama teman-teman sebaya. Lagi pula masih kecil sudah punya cita-cita mau keliling dunia.
Dari jawaban pertanyaan peserta yang Prof. Eko jawab mengulas secara mendalam  dan menguraikan cara berpikirnya memperoleh skill yang ia miliki sampai sekarang. Dari dunia nyata sampai dunia maya. Dari mengajar langsung sampai live  streaming YouTube.
 Dan yang paling menarik  bagi saya Prof.Eko akhir-akhir ini mulai  menjadi pribadi tren dan motivator dalam pekerja sosial. Lihat di channel youtube dengan laman  EKOJI CHANNEL. Dan tidak peduli ada atau tidaknya yang nonton yang penting beliau dapat mengajar membuat di YouTube. Membuat  peluang belajar dan membelajarkan kepada masyarakat termasuk saya penikmatnya melalui belajar gelombang 7 yang dinahkodai oleh OmJAY dan Mas Bambang moderatornya. 
Semalam dalam kolom bertanya kepada Prof.Eko: “ Bagaimana mengatasi masalah yang saya alami yaitu berpikir lola sekali, lamban membuat resume  dan mengatasi kesibukan yang menghalangi cepat menjadi penulis”. Tadi pagi baru saya lanjutkan pertanyaan ini dalam japri ke Prof.Eko, setelah  mendapat sms dari Mas Bambang memberikan nomor kontak Prof Richardus Eko Indrajit.

Siapakah Prof.Eko ?.
         Pemilik  hidup dan kehidupan orang yang luar biasa ini dapat kita baca dalam profile berikut ini:
Nama Lengkap   : Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA
Alias                            : Richard
Profesi                         : Tokoh Teknologi Informasi
Tempat Lahir               : Jakarta
Tanggal Lahir              : Jumat, 24 Januari 1969
Zodiac                         : Aquarius
Warga Negara         : Indonesia.  Istri : Lisa A. Riyanto

BIOGRAFI
Richardus Eko Indrajit merupakan pakar teknologi yang berbakat. Tak hanya sebagai pakar, narasumber berbagai seminar, ia juga seorang akademisi sekaligus penulis puluhan judul buku dan ratusan jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan tingkat nasional maupun internasional.

Lahir di Jakarta, 24 Januari 1969, pria yang akrab disapa Richard ini memulai karir di dunia teknologi sejak duduk di bangku kuliah. Menuntaskan pendidikan di ITS, seolah haus akan ilmu, ia kemudian melanjutkan pendidikan di berbagai macam universitas seperti Harvard University, University of the City of Manila, Maastricht School of Management, Leicester University, dan London School of Public Relations.

Sekembalinya dari luar negeri, ayah dari tiga anak ini sempat bekerja di sebuah perusahaan multinasional seperti Price Waterhouse, Prosys Bangun Nusantara, Renaissance Indonesia, Jakarta Consulting Group, Soedarpo Informatika Enterprise, dan IndoConsult Utama. Namun, ia lantas memutuskan keluar untuk mendirikan sebuah perusahaan konsultan teknologi informasi independen yang membantu banyak perusahaan baik swasta maupun pemerintahan.

Dia aktif pula membantu pemerintah dalam sejumlah penugasan. Dimulai dari penunjukan sebagai Widyaiswara Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), yang diikuti dengan berperan sebagai Staf Khusus Bidang Teknologi Informasi Sekretaris Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Staf Khusus Balitbang Departemen Komunikasi dan Informatika, Staf Khusus Bidang Teknologi Informasi Badan Narkotika Nasional, dan Konsultan Ahli Direktorat Teknologi Informasi dan Unit Khusus Manajemen Informasi Bank Indonesia.

Saat ini ditunjuk oleh pemerintah Republik Indonesia untuk menahkodai institusi pengawas internet Indonesia ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) dan menjadi anggota aktif dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dewan Riset Nasional (DRN), dan Dewan Pendidikan Tinggi (DPT).

Selain aktif sebagai konsultan teknologi informasi, suami dari Elisabeth Dhany Retno Putri ini juga menjadi akademisi di beberapa universitas; Universitas Indonesia, Universitas Katolik Atmajaya, Bina Nusantara University, Curtin University of Technology, Universitas Trisakti, Edith Cowan University, dan IPMI-Monash University. Tak hanya pandai di bidang pendidikan serta profesional, Richard juga pandai dalam organisasi.

Kini, ia menjabat sebagai Presiden Association of Higher Learning Institution in Computing and Information Technology Studies dimana ia memimpin lebih dari 700 universitas dan 1.500 program studi di seluruh Indonesia dan President of International Association of Software Architect.

Seolah tak pernah padam semangatnya, Richard juga telah banyak menelurkan karyanya. Tercatat lebih dari tiga puluh judul buku dan ratusan jurnal yang telah dipublikasikan baik nasional maupun internasional

PENDIDIKAN
  • Leicester University, Inggris
  • London School of Public Relations, Jakarta
  • Maastricht School of Management, Belanda
  • University of the City of Manila, Filipina
  • Applied Computer Science Harvard University, Amerika Serikat
  • Teknik Komputer Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya

KARIR
  • Konsultan teknologi informasi
  • Penulis
  • Akademisi
  • Guru besar ilmu komputer ABFI Institute Perbanas

Nah su tau kan pribadi  sang motivator kita dalam belajar menulis buku hanya dalam satu minggu menghasilkan buku.
 Aku baru sadar bahwa dalam satu hari menghasilkan satu halaman biar sibuk apa pun. Pasti dalam tiga minggu dapat 100 halaman. Aku bertekad  mulai hari ini saya menulis dengan 5W1H. Misalnya judulnya DIGITAL MINDSET maka saya coba terapkan hasil dari pemateri beberapa hari yang lalu yang disingkat: TOJRP yaitu menentukan tema, membuat outline atau (daftar isi), membuat jadwal, refleksi melihat kembali perbaiki, menambah,mengurangi dan terakhir saya berikan kepada penerbit untuk dicetak. Pasti saya pilih Prof.Eko membantu saya.Tema yang saya dapat melalui belajar malam ini adalah  DIGITAL MINDSET dengan menjawab pertanyaan (dalam bentuk tulisan) sebb.
 Chapter
1.          APA yang dimaksud dengan digital mindset.
2.          MENGAPA digital mindset dibutuhkan
3.          SIAPA yang harus merubah mindsetnya
4.          DIMANA digital mindset harus diterapkan
5.          KAPAN digital mindset diterapkan. Dan
6.          BAGAIMANA cara menerapkannya.
Apalagi Prof.  Eko su berjanji, “ satu hari tulis satu. Berarti hari keenam sudah jadi. Hari ketujuh kasih ke saya. Anda tidak perlu banyak berpikir, karena semua sudah saya paparkan dalam presentasi. Tinggal anda bahasakan saja sesuai dengan yang anda tangkap. Di hari ketujuh, tulisan saya akan saya tambah-tambahkan sana sini. Kemudian saya akan LANGSUNG terbitkan dengan e-ISBN resmi dari perusahaan publikasi saya yang di Yogyakarta, yaitu CV PREINEXUS yang bermitra dengan penerbit lama Graha Ilmu. Anda adalah penulis pertamanya, saya penulis keduanya. Kalau ternyata e-bukunya laku (kita jual di situs EKOJI CHANNEL dengan harga murah meriah, karena yang penting banyak yang beli).Agar menarik, semua royalti jadi milik anda. Kalau ternyata banyak yang laku, kita terbitkan versi kedua dalam bentuk fisik sehingga anda dapat ISBN.Tertarikkkkk??? saya mau lelang judulnya malam ini... silahkan nanti dipimpin moderator. kalau ada 3 orang memilih judul yang sama, lebih baik. jadi pengarangnya 4 orang plus saya. rejeki dibagi tiga penulis....”

  Penulis Simon Anunu dari  SDN Naibonat Kabupaten Kupang Prov.NTT, Blog simon Anunu.com,Email.simonanunu68@gmail.com,twitter simon anunu  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar