Senin, 27 April 2020

MENULIS DAN MEMBUAT BUKU DIGITAL


Resume belajar menulis online gelombang 7 bersama Om Jay pada hari ini tanggal 27 April 2020 Pukul 13.00 s.d 15.00.
Oleh : SIMON ANUNU  Kabupaten Kupang NTT


Nara sumber: Bapak Dr . Onno W Purba
Tempat tanggal lahir : Bandung,17 Agustus 1962
 S1 ITB tamat tahun 1981 pernah studi di kanada

 Tema: Menulis dan Membuat Buku Digital


Pemateri yang satu ini sangat menguasai materi yang dipresentasikan. Dari tampan fisiknya   ganteng dan pintar. Ternyata ia seorang pakar teknologi informasi. Karena menjadi pakar ia buktikan  dengan  menuangkan apa yang ada padanya dalam bentuk tulisan. Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi, media, seminar, konferensi nasional maupun internasional dan percaya filosofi copyleft (sumber terbuka), banyak tulisannya dipublikasikan di Internet secara gratis
Sebagai pakar Teknologi Bapak Onno hanya menggunakan netbook dan telpon seluler Android merek lokal. Pada tahun 2013 ia bergabung sebagai Dosen di Surya University. Universitas ini didirikan oleh fisikawan ;Prof Yohanes Surya Ph.D. Prof.surya pernah datang di Kupang NTT  memberikan motivasi  agar mahasiswa di Kupang mencintai fisika.
Pemateri ini mengajak peserta untuk menulis dan   membuat buku digital atau elektronik atau yang sering didengar dengan istilah e- ebook. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jangkauan dari buku yang nyata (fisik)  apabila tidak dapat didistribusikan dalam skala yang jauh. Kondisi ini juga tidak dapat dilepaskan dari buku elektronik dimana semua orang bisa mengakses buku tersebut melalui fasilitas Internet.  Dengan begitu masyarakat tidak perlu mencari buku teks tersebut di toko buku karena bisa melalui Internet.
Hal tersebut menjadi pilihan yang tepat di mana e- book dapat disimpan didalam labtop atau handphone yang sifatnya lebih praktis.  Puluhan hingga ratusan e-book bisa dibawa setiap hari dimana pun mereka berada. Hal ini mempermudah masyarakat  mengakses buku belajar di mana saja,kapan, dengan siapa saja. Diera digital seperti saat ini, hampir setiap orang didunia bisa mengakses Internet melalui teknologi yang dimilikinya.
Bapak Ono tidak segan—segan menuangkan ilmunya Setidaknya ada dua cara membuat buku digital yang bisa digunakan untuk mengubah format Word ke dalam format PDF yaitu secara  offline dan online. Secara offline dalam artikan bahwa proses untuk mengubah file tersebut dilakukan tanpa menggunakan bantuan Internet.
Apabila tulisan sudah jadi secara keseluruhan, maka format dalam bentuk Word tersebut harus diubah dalam format PDF. Setidaknya ada dua alasan yang membuat tulisan tersebut harus diubah ke dalam format PDF yaitu keamanan dari tulisan itu sendiri dan kepraktisan dari e-book yang akan diterbitkan.
Cara membuat buku digital ini bisa digunakan oleh penulis ketika sedang membuka Microsoft Word.  Pilihan untuk menyimpan file tersebut ke dalam format PDF sudah tersedia didalam fasilitas aplikasi tersebut. Di sisi lain, secara online mengandung maksud bahwa proses pengubahan dari Word ke  PDF memerlukan bantuan Internet.
Dengan kata lain penulis bisa menggunakan cara ini dengan membuka beberapa website yang menggunakan jasa untuk mengubah format tersebut. Kelebihan dari aplikasi online yaitu tidak hanya untuk diubah ke dalam bentuk PDF, tetapi format PDF pun juga bisa diubah kedalam bentuk Word.Pertama, penulis bisa mengubah file dalam format Word kedalam PDF melalui sistem offline. Biasanya disetiap aplikasi Microsoft Word ada pilihan untuk disimpan kedalam bentuk PDF yaitu bagian Save  As .

Apabila Microsoft Word belum menyediakan pilihan tersebut maka penulis bisa mendownload aplikasi tersebut melalui https ://www.microsof. com /en- us /download.  Apabila telah berhasil didownload, langkah selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi tersebut. Kedua, penulis dan penerbit bisa mengubah format file dari Word ke PDF dengan menggunakan akses Internet ( online).
Kesimpulan
Materi malam ini membuat saya semakin mengetahui bagaimana menulis dan Membuat Buku Digital. Terima kasih kepada bapak ONO dan modetor bapak WIJAYA KUSUMA.Terus memotivasi kami peserta belajar  gelombang 7 semakin bisa.Saya secara pribadi mulai mengekspos diri di kabupaten Kupang bahwa saya bisa menulis.Contonya hari ini saya menghasilkan tulisan dengan :covid 19 menguji kreativitas guru  di Kabupaten Kupang.




 
 
 
 
 






 




 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar