Sabtu, 28 Maret 2020

KELOR MENCEGAH VIRUS CORONA 19 (COVID 19)


KELOR MENCEGAH COVID 19



            Small is beautifull and small is power. Dalam bahasa Indonesia saya memahami istilah kalimat bahasa Inggris ini begini “kecil itu indah dan kecil itu kuat punya pengaruh”. Makna  ungkapan ini mengungkapkan daun kelor kecil nyaris di pandang mata. Sekilas terlintas dalam pikiran manusia awam kau daun kecil apa pengaruhmu. Sama juga dengan daun yang lain. Ternyata luar biasa pengaruhmu dalam mengusik  ketakutan dunia dalam menghadapi virus corona (Covid 19). Daunmu  kecil khasiatmu kuat pengaruhmu mengandung golongan senyawa   antara lain hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin dan myricetin yang terkandung dalam daun kelor.  Itulah yang dibuktikan para peneliti.
Hasil penelitian ini didapat dari screening aktivitas terhadap ratusan protein dan ribuan senyawa herbal terkait dengan mekanisme kerja virus. Hasilnya diperoleh beberapa golongan senyawa tersebut berpotensi untuk menghambat dan mencegah virus SARS-CoV-2 (virus corona).“Hasil penemuan ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat untuk mencegah dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus corona. Selain itu, sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan RI, WHO dan CDC,” ujar Dekan FKUI Fahrial Syam dalam keterangan resminya.Daun kelor memang telah lama dikenal akan khasiatnya mengobati jenis penyakit ganas. Selengkapnya, di bawah ini terdapat 3 khasiat utama daun kelor seperti dihimpun berbagai sumber.
1. Tinggi kandungan antioksidan
Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. 
2.Menurunkan kadar gula darah
Sejumlah penelitian memang menunjukkan daun kelor efektif menurunkan kadar gula darah. Para ilmuwan meyakini hal itu berasal dari senyawa isothiocyanate. 
Namun, sebagian penelitian baru diujikan pada hewan. Studi berbasis manusia yang ada masih dalam skala kecil. Hasilnya, kadar gula darah puasa mereka turun rata-rata 13,5 persen. Studi kecil lainnya melibatkan enam penderita diabetes yang diberi 50 gram daun kelor dalam menu makanannya. Hasilnya, kadar gula darah mereka dapat berkurang 21 persen.
            Sahabatku kenalan basaudara, Keluargaku menghidangkan  santapan hidup sehat hanya semangkok bubur daun kelor setiap hari. Daun diambil dari kebun yang biasa  ditanam sendiri  bebas dari pupuk kimia.

Oleh SIMON ANUNU,S.Ag,M.Pd
 SDN Naibonat Kabupaten kupang NTT





Tidak ada komentar:

Posting Komentar