Minggu, 29 Maret 2020

                                             
                                                    KETOPRAK
Ketika mata memandang sepiring berisi  ketoprak. Air liur pun turut tergiur. Apalagi keinginan mau makan didorong oleh nafsu makan yang tinggi, lagi pula perut sudah keroncong, ah mana kutahan. Lapis aja kenapa.Tapi  jika saat ini aku di rumah pasti maunya buat sendiri. Lagi - lagi dalam perjalanan, lagi pula aku sudah lapar pasti nyantap aja ko repot. Ada dompet di Saku celana rasanya ada uang secukupnya makan aja. Sambil makan aku dengar orang berbincang tentang asal nama. Selain asalnya yang masih dipertanyakan, nama ketoprak dinilai cukup unik dan masih memunculkan misteri tersendiri. Beberapa pendapat menyebutkan jika nama ketoprak berasal dari singkatan ketupat toge yang digeprak.
 Siapa tak tahu akan makanan lezat bernama ketoprak? Ketoprak merupakan makanan berbumbu kuah kacang yang bisa dengan mudah ditemukan di kota Jakarta. Rasa makanan ini sangat lezat. Menariknya, makanan ini juga sangat sehat dan harganya cukup terjangkau untuk semua kalangan.
Hampir sama dengan pecel di Jawa Tengah atau Jawa Timur, di Jakarta ketoprak menjadi makanan yang sudah menjamur dan disukai semua lapisan masyarakat. Ketoprak terbuat dari irisan ketupat dan tauge yang kemudian disiram bumbu kacang. Di beberapa pedagang, ada tambahan bahan lain yang membuat ketoprak semakin lezat. Bahan tersebut antara lain bihun, telur, tahu, taburan bawang merah goreng dan kerupuk.
Oleh SIMON ANUNU,S.Ag,M.Pd SDN Naibonat Kabupaten Kupang NTT
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar