Selasa, 31 Maret 2020

                                                   
GUDEG


Gudeg merupakan makanan manis dan gurih yang terbuat dari gori (buah nangka muda) yanga menjadi kuliner khas kota Yogyakarta. Sampai-sampai, Yogyakarta dikenal sebagai "Kota Gudeg". Sekitar tahun 1500, Kerajaan Mataram Islam sedang mengalami pembangunan yang besar di Kotagede. Saat itu, terdapat banyak sekali pohon nangka. Buahnya yang masih muda disebut gori. Buah ini dipetik dan diolah menjadi sayur untuk memberi makan para pekerja yang jumlahnya sangat banyak.Saking banyaknya, makanan olahan dari nangka muda ini harus diaduk menggunakan alat seperti dayung. Dalam bahasa Jawa, mengaduk disebut juga hangudeg, sehingga kemudian makanan ini dinamakan gudeg.
Gudeg merupakan olahan nangka muda yang dimasak cukup lama dengan campuran santan. Selain itu, gudeg juga dimasak dengan daun jati yang kemudian memberikan efek warna kecoklatan. Pada umumnya, gudeg dihidangkan dengan nasi, telur, tahu, tempe, potongan ayam, serta sambal goreng krecek atau kulit sapi yang dikeringkan kemudian dipotong-potong dan dijadikan kerupuk kulit.
Lewat tulisan ini saya mengajak para kuliner untuk melestarikan masakan khas Indonesia.Sekaligus meningkatkan ekonomi rumah tangga.Mendukung pariwisata Indonesia agar lebih maju.
Oleh SIMON ANUNU,s.Ag,M.Pd SDN Naibonat Kabupaten Kupang NTT.Pada hari ini selasa 31 Maret 2020 belajar menulis setiap hari bersama Omjay  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar